Penerimaan Mahasiswa Baru

Jumlah peminat/pendaftar (calon mahasiswa) program studi vokasi (D3), sarjana (S1), dan magister (S2) di FISIP Unib sangat fluktuatif dari tahun ke tahun. Namun demikian persentase daya saing cenderung meningkat, terutama pada jenjang S1. Melihat masih tingginya animo pendaftar pada jenjang studi S1 di FISIP Unib maka dalam tiga tahun terakhir telah dilakukan penambahan daya tampung, terutama pada program studi yang daya tampungnya masih rendah.

Dinamika jumlah peminat studi di FISIP Unib, baik jenjang D3, S1, dan S2 merupakan signifikansi dari strategi promosi. Strategi promosi terutama dilakukan melalui media mainstream, seperti radio Swara Unib, Suara Fisip, Radio Komunitas Suara Komunikasi 106,6 FM, dan TV lokal. Cara lain juga ditempuh oleh beberapa instrumen komunikasi seperti sosial media, alumni, serta memaksimalisasi jaringan dan mitra kerja.

Skema seleksi mahasiswa baru di FISIP Unib sampai dengan tahun akademik 2017/2018 dilakukan melalui empat skema. Skema nasional penjaringan dilakukan melalui SNMPTN dan SBMPTN; sedangkan seleksi mandiri dilakukan melalui SPMU dan UM Diploma, serta Non Regular. Penerimaan melalui jalur nasional SNMPTN dan SBMPTN digunakan untuk mengisi program studi S1, jalur SPMU juga untuk mengisi jalur S1 dan D3. Untuk penerimaan S2 skema yang digunakan adalah non reguler yang termasuk pada skema Mandiri Unib, sebab pelaksanaannya tidak serempak dengan SPMU dan UM. Mulai tahun akademik 2017/2018, seleksi mandiri dilakukan secara gabungan dalam SMMPTN-Barat (Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri – Indonesia Barat).

Pedoman tertulis mengenai sistem rekruitmen dan seleksi mahasiswa baru tertera dalam laman http://www.unib.ac.id atau http://admisi.unib.ac.id