Hadapi Tantangan di Era Disrupsi Digital, Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UNIB Gelar Kuliah Dosen Tamu

Penyerahan sertifikat oleh Wakil Dekan Akademik kepada Narasumber

Kamis (12/10) – Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bengkulu menggelar kuliah dosen tamu dengan membahas topik Industri Media Indonesia di Era Disrupsi Digital. Agenda ini dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Tamrin Bangsu, M.K.M, Ketua Laboratorium Komunikasi dan Jurnalistik FISIP UNIB Dwi Aji Budiman, S.Sos, M.A, dan Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UNIB Rasianna Br Saragih, S.Sos, M.Si, dan Neil R Tobing selaku pemateri kuliah dosen tamu hari ini, agenda ini juga dihadiri oleh Mahasiswa program Studi Ilmu Komunikasi dan Jurnalistik FISIP UNIB.

Pemaparan materi oleh Neil R Tobing

Kegiatan ini dibuka dengan kata sambutan oleh Wakil Dekan Bidang FISIP UNIB, Dr. Tamrin Bangsu, M.K.M lalu dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Neil R Tobing, dalam kuliah dosen tamu ini Neil R Tobing menegaskan akan Lanskap media di Indonesia mulai dari peralihan dari media konvensional menuju digital, munculnya para OTT seperti Google, Facebook, Instagram, Tik Tok, Amazon, dan sebagainya yang berpengaruh pada Disrupsi digital serta belanja iklan media, fenomena ini dapat menyebabkan para publisher lokal kehilangan brand recognition serta relasi langsung dengan pengiklan karena tidak bisa bersaing dengan OTT yang disebutkan tadi dari segi sumber daya.

Selain itu juga dijelaskan bahwa perbedaan regulasi pengiklanan antara TV FTA yang masih konvensional melawan media pengiklanan OTT yang lebih bebas karena tidak di bawah regulasi yang konvensional yang memberikan mereka kebebasan di bidang Advertising. Maka dari itu dikembangkan lah Strategi Regulasi Penyiaran Baru untuk menyesuaikan standar regulasi di Era Digital untuk mengatur penyusunan publisher rights.

Sesi tanya jawab

Kemudian agenda dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan para peserta dan penyerahan sertifikat kepada pemateri oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kepala Jurusan Ilmu Komunikasi, terakhir acara ditutup dengan sesi foto bersama.

Sesi foto bersama

author