FISIP Gelar Kuliah Umum Pemanfaatan SLiMS AKASIA untuk Pengelolaan Perpustakaan

FISIP –  Untuk menambah wawasan dan memberikan pengkayaan ilmu bagi mahasiswa, Program Studi Sarjana (S1) Ilmu Perpustakaan dan Sains Informasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNIB menggelar kuliah umum dengan tema “Pengelolaan Perpustakaan dengan SLIMS AKASIA di Era 4.0 dan Masa Depan Arsip di Era Digital,” di ruang rapat utama rektorat UNIB, Senin (7/10/2019).Kegiatan bernuansa akademik yang dihadiri ratusan mahasiswa ini dibuka oleh Wakil Dekan FISIP UNIB Bidang Akademik (Wadek I), Dr. Hajar G. Pramudyasmono, M.A. Sedangkan pemateri yang dihadirkan adalah seorang expert dan dosen di Universitas Indonesia (UI) Hendro Wicaksono, M.Hum yang juga sebagai Pustakawan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan penggagas sekaligus developer Senayan Library Management System (SLiMS).

SLiMS merupakan perangkat lunak (senayan) atau aplikasi web untuk manajemen perpustakaan (library management system) yang dikembangkan oleh tim dari Pusat Informasi dan Humas Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia dan pertama kali digunakan di Perpustakaan Kementerian Pendiidikan dan Kebudayaan. Pengembangan aplikasi ini dilakukan oleh SDC (Senayan Developers Community) yang dikoordinir oleh Hendro Wicaksono. Aplikasi SLiMS yang dikembangkan saat ini adalah versi 8 yang disebut SLiMS Akasia. Aplikasi ini semakin banyak digunakan oleh perustakaan di Indonesia bahkan perpustakaan di luar negeri, karena aplikasi ini memberikan banyak kemudahan dan banyak manfaat bagi manajemen perpustakaan.

Ketua Panitia Kuliah Umum, Fransiska Timoria Samosir, S.Sos, M.A menjelaskan, tujuan kuliah umum ini adalah memberikan wadah bagi mahasiswa dan dosen untuk mengupdate informasi dan perkembangan terbaru di dunia ilmu perpustakaan dengan segala aspeknya. Terlebih di era revolusi industri 4.0 ini, banyak teknologi baru dan canggih untuk memudahkan dan meningkatkan kualitas manajemen perpustakaan, salah satunya software atau perangkat lunak SLiMS.

“Oleh sebab itu, kuliah umum ini dirasakan sangat penting dan akan memberikan banyak manfaat bagi para pustkawan dan para mahasiswa calon pustakawan. Apalagi kuliah umum ini menghadirkan sosok penggagas dan developer SLiMS, Bapak Hendro Wicaksono, yang memahmi secara detil tentang SLiMS ini,” ujarnya.

Wakil Dekan I FISIP UNIB,  Dr. Hajar G. Pramudyasmono, menyambut baik kegiatan kuliah umum ini dan mengucapkan terimakasih kepada panitia yang telah mempersiapkan kegiatan ini secara baik, serta mengucapkan terima kasih kepada Developers SLiMS, Hendro Wicaksono, yang telah menyempatkan diri untuk berbagi pengetahuan kepada mahasiswa dan dosen FISIP UNIB.

“Di era kecanggihan teknologi informasi atau era 4.0 ini kita harus membekali diri dengan berbagai pengetahuan dan kemampuan, termasuk salah satunya harus mahir memanfaatkan perangkat lunak atau aplikasi web. Kuliah umum ini adalah satu wadah untuk memfasilitasi mahasiswa mengakses dan mendapatkan berbagai pengetahuan tersebut, selain kegiatan rutin kuliah dalam kelas,” papar Dr. Hajar G. Pramudyasmono.

Sementara itu, Hendro Wicaksnono pada kuliah umum ini memaparkan, para mahasiswa Ilmu Perpustakaan yang juga calon pustakawan harus mengenal dan menguasai aplikasi SLiMS apalagi di era 4.0 ini segala sesuatu dapat diakses dengan mudah melalui internet.

Dia juga mengapresiasi FISIP UNIB yang telah memiliki Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan. Sebab, prospek kerja lulusan Ilmu Perpustakaan ke depan akan semakin bagus. Ilmu Perpustakaan bukan hanya sebatas menyusun buku-buku di rak buku saja, tapi juga sudah menjelajah ke dunia Informasi Teknologi (IT).

Sebagai founder aplikasi SLiMS, pada kesempatan ini Hendro Wicaksono juga memaparkan kegunaan aplikasi ini dan keunggulan SLiMS dibandingkan aplikasi lainnya. “SLiMS ini didesain untuk menjadi framework TI bagi solusi manajemen perpustakaan berupa otomasi perpustakaan, digital libraries, katalog bersama, federated search, dan lain-lain,” paparnya, seraya memberikan apresiasi kepada para mahasiswa FISIP UNIB yang sangat antusias mengikuti kuliah umum ini.

Usai memberikan kuliah umum, Hendro Wicaksono mendapat cindera mata berupa plakat program studi dari Ketua Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Sains Informasi FISIP UNIB, Drs. Purwaka, MLIS. Acara ini kemudian diakhiri dengan sesi foto bersama.[Hms1/Anggi].

sumber : https://www.unib.ac.id/2019/10/fisip-gelar-kuliah-umum-pemanfaatan-slims-akasia-untuk-pengelolaan-perpustakaan/

author