21 Years Anniversarry of Sociology : Seminar Nasional Bertema “Transformasi Konflik dan Peran Pemuda”

 

FISIP – Kegiatan aksi yang beberapa hari terakhir dilakukan oleh mahasiswa Indonesia dalam menolak adanya Revisi Undang-Undang dan beberapa isu penting lainnya, membuat adanya peran pemuda dalam menghadapi konflik dan permasalahan yang sedang terjadi. Maka dari itulah jurusan Sosiologi FISIP Universitas Bengkulu (UNIB) dalam rangka Open House Sosiologi (OHS) dengan tema “SDM Sosiologi Unggul, Mendukung Indonesia Maju” pada Anniversarry nya yang ke 21 mengangkat momen ini dengan mengelar Seminar Nasional yang mengangkat tema “Transformasi Konflik dan Peran Pemuda“ yang dilaksanakan bersamaan dengan rangkaian acara lainnya pada hari kamis di Hotel Rafflesia Bengkulu ( 26/9).

 

Acara ini menghadirkan pembicara bergengsi yaitu Dr.Ida Ruwaida, S.Sos, MSi yang merupakan Ketua Asosiasi Program Studi Sosiologi Indonesia ( APSSI ). Dalam pembahasannya, Dr.Ida memberikan materi kepada mahasiswa mengenai peran pemuda dan aksi yang dilaksanakan oleh mahasiswa Indonesia beberapa hari terakhir serta menjelaskan poin-poin mengenai konflik yang khususnya marak terjadi belakangan terjadi. Adapun pada akhir seminar yang materinya diberikan oleh Dr.Ida juga mengajak mahasiswa untuk bisa membangun keyakinan bahwa kedamaian adalah segalanya.“Indonesia adalah negara plural yang memiliki lebih dari 300 etnik maka adanya konflik yang terjadi di negara kita itu tentunya hal yang mungkin terjadi karena kita kaya dengan perbedaan selain itu adanya aksi yang dilakukan oleh mahasiwa bisa menunjukan bahwa mereka sudah belajar untuk berdemokrasi,” Ujar Dr.Ida kepada mahasiswa.

Tidak hanya Seminar Nasional, OHS ini juga menyelenggarakan beberapa acara menarik diantaranya Sosiologi Got Talent, Sosiologi Berdonasi, Literasi Kerja Alumni Sosiologi yang menghadirkan beberapa alumni sosiologi dan sudah berhasil di dunia kerja dan disambung dengan berbagi doorprize oleh para Alumni. Selain itu acara ini juga dimeriahkan dengan disediakannya stand-stand yang melayani untuk sumbangan dan pengecekan penyakit HIV serta adanya stand produk minuman jahe yang disponsori oleh Alumni langsung, serta acara yang tak kalah menarik lainnya adalah aksi Donor darah yang bekerjasama dengan pihak PMI.

 

Rangkaian acara Hari jadi ke 21 tahun Sosiologi ini diawali dengan Tari penyambutan dan penampilan alat musik Doll serta pembacaan puisi kritik sosial “Sabda Zaman” yang dibawakan oleh mahasiswa jurusan Sosiologi yaitu Vikram Herawan dan Tisa Novita Sari dan rangkaian acara seremony lainnya terutama saat mencabut buah dari hasil karya anak Sosiologi pada rangkaian Khusus Annyversary Sosiologi XXI. Acara berlangsung dengan sangat meriah terutama pada saat bagian acara akhir Sosiologi Got Talent, yaitu perwakilan setiap kelas dan angkatan Sosiologi bersaing dengan cara memberikan penampilan terbaik. Mulai dari bernyanyi hingga drama yang kemudian akan dinilai oleh para dewan juri. Seminar dan acara lainnya yang termasuk dalam rangkaian OHS ini diikuti dengan baik serta meriah oleh seluruh keluarga besar jurusan Sosiologi. (AN-NV)

 

author