Mahasiswa KKN Unib Fasilitasi Sosialisasi Bahaya Narkoba Bagi Pelajar SMN4 Kepahiang

Kelompak Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Bengkulu (Unib) kelompok 168 di Desa Tebat Monok Kabupaten Kepahiang menyelenggarakan kegiatan sosialisasi bahaya narkoba di kalangan pelajar. Kegiatan sosialisasi itu bertemakan “upaya preventif pelajar terhadap penyalahgunaan narkoba sebagai wujud bela negara” dengan peserta para pelajar SMP Negeri 4 Kepahiang dan diselenggarakan di aula laboratorium SMN 4 Kepahiang, Selasa (23/7/2019).

“Dengan sosialisasi ini kita ingin para pelajar tahu bagaimana bahaya narkoba dan cara menghindarinya, sebab sebagaiamana kita ketahui bersama narkoba sangat berbahaya bagi generasi dan menjadikan generasi sebagai sasaran peredaran narkoba,” kata Meldi, ketua panitia pelaksana kegiatan.

Ditambahkan Meldi, sosialisasi bahaya narkoba juga sebagai bagian dari bela negara. “Menjauhi narkoba adalah bagian dari bentuk bela negara, menyelamatkan masa depan generasi berarti menyelamatkan masa depan bangsa ini,” jelas Meldi.

Senada disampaikan Kepala Sekolah SMPN 4 Kepahiang, Warsono. Warsono dalam arahannya kepada peserta sosialisasi berharap para pelajar menjauhi narkoba dengan giat belajar. “Jangan bermalas-malasan, belajar juga saat ini tidak harus selalu dengan membaca buku, namun sudah bisa memanfaatkan teknologi smartphone, manfaatkanlah teknologi sebaik mungkin untuk meningkatkan kualitas diri,” kata Warsono. Warsono juga mengingatkan para siswa agar selalu menghormati orang tua dan guru.

“Dengan sosialsiasi ini kami harapkan para siswa dapat memahami bahaya narkoba sehingga tidak akan mencobanya dan ikut memerangi narkoba,” imbuh Warsono.

Sosialisasi itu menghadirkan dua narasumber yakni dari Babinsa TNI Kodim 0409 Rejang Lebong dan Sat Res Narkoba Polres Kepahiang.

Pelda Aris J dalam materinya memaparkan bahwa bela negara salah satu bentuknya adalah menjauhi dan memerangi narkoba.

“Bela negara bagi pelajar bukan dengan angkat senjata, namun dengan belajar giat, sungguh-sungguh, mentaati peraturan sekolah, mengajak teman-teman untuk melakukan aktivitas bermanfaat, menjauhi narkoba, nah itulah bela negara bagi pelajar,” kata Pelda Aris J menyampaikan materinya.

Sementara narasumber dari Sat Res Narkoba Polres Kepahiang disampaikan oleh Aiptu Marus M. Dalam penyampaiannya, Aiptu Marus M mengatakan, salah satu peran remaja dalam mencegah narkoba adalah dengan melakukan aktivitas yang positif. “Melakukan kegiatan-kegiatan yang positif, produktif dan kreatif adalah bentuk menjauhi dan memerangi narkoba,” terang Aiptu Marus M.

Aiptu Marus M juga mengingatkan narkoba sangat berbahaya apabila dikonsumsi. Selain merusak tubuh juga merusak masa depan generasi. “Narkoba bisa merusak kehidupan sosial kita, merusak masa depan generasi, untuk itu kita harus menjauhinya dan memeranginya,” jelasnya.

Lebih jauh, Aiptu Marus mengungkapkan narkoba dapat merusak tatanan kehidupan yang lebih luas. “Lingkungan sosial kita menjadi rusak, ekonomi, politik dan menghambat pertumbuhan secara nasional, maka itu narkoba merupakan musuh bersama bangsa ini,” katanya.

Selain menyampaikan hal tersebut diatas, Marus juga menyampaikan berbagai jenis narkoba yang beredar ditengah masyarakat berikut bahayanya. Dia mengingatkan bahwa salah satu faktor penyebab orang mengkonsumsi narkoba adalah faktor lingkungan. (Sumber:https://www.bengkulutoday.com)

author