Workshop “Santun Bermedia Sosial Untuk Pemilu Damai”

Dari kiri : Moderator Murlin Hanizar,SP.M.Si, Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra , S.Ag. MM, Ketua Program Studi Magister Ilmu Komunikasi FISIP UNIB Dr.Mas Agus Firmansyah,M.Si, Direktur Pengelolaan Media Kementerian Komunikasi dan Informatika RI ibu Dra. Siti Meiningsih, M.Sc.

FISIP.PAPER (30/3) – Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Bengkulu dan Kementerian komunikasi dan informatika Republik Indoneaia, Ditjen informasi komunikasi publik, direktorat pengelolaan media mengadakan Workshop SOHIB BERKELAS dengan tema “Santun Bermedsos Untuk Pemilu Damai”. Dalam kegiatan lokakarya ini terfokus pada pembuatan infografis dan videografis menggunakan smartphone.

Kegiatan ini dihadiri Direktur pengelolaan media kementerian Komunikasi dan Informatika RI Dra. Siti Meiningsih, M.Sc. , Ketua Program Studi Pasca Sarjana Ilmu Komunikasi FISIP UNIB Dr. Mas Agus Firmansyah, M.Si , Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra , S.Ag. MM , dan selaku moderator Murlin Hanizar,SP.M.Si yang menjabat sebagai kadis Dishubkominfo provinsi Bengkulu.

Indonesia merupakan salah satu Negara yang jumlah pengguna internetnya nomor empat besar di dunia. Dari 132,7 juta pengguna internet di Indonesia, sebanyak 106 juta diantaranya adalah pengguna aktif media social. Kebanyakan dari mereka adalah Generasi Y atau Generasi Millenials (rentang usia 23-34) tahun yang lahir sebagai digital native, dimana internet merupakan bagan integral dari kehidupan mereka, ujar Siti Meiningsih selaku Direktur pengelolaan media kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Workshop ini diselenggarakan guna mendukung penguatan program pemerintah dibidang e-commerce dengan melibatkan generasi muda lewat pemanfaatan media digital. Pada tahun 2017, Kominfo sudah memulai gerakan edukasi melalui konten digital berupa infografis statis dan dinamis dengan nama Indoonesiabaik.id. konten-konten yang diproduksi bertema edukatif dan bersifat kehumasan program pemerintah.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat menjadi ajang sosialisasi dan mendorong partisipasi mahasiswa di Universitas Bengkulu maupun generasi millenial pada umumnya untuk tetap bijak, santun, dan arif di media sosial pada pemilu 2019 ini, ujar Dr. Mas Agus Firmansyah, M.Si.

author